Selasa, 28 Februari 2012

Perancangan Database / Basis Data


    Dalam melakukan perancangan basis data/database memiliki beberapa tujuan .Dan berikut adalah tujuan utama dalam perancangan basis data adalah :
Memenuhi informasi yang berisikan kebutuhan-kebutuhan pengguna secara khusus dan aplikasi-aplikasinya.
-  Memudahkan pengertian struktur informasi
-  Mendukung kebutuhan-kebutuhan pemrosesan dan beberapa obyek  penampilan (response time,
    processing time, dan storage space).

Siklus Database / Basis Data
    Siklus hidup aplikasi basis data berhubungan dengan siklus hidup sistem informasi. Siklus kehidupan sistem informasi sering disebut macro life cycle, dimana siklus kehidupan basis data merupakan micro life cycle. Proses perancangan basis data merupakan bagian dari siklus hidup sistem informasi
didalam database memilki beberapa fase perancangan. dan disini ada beberapa tahap yang dilakukan di fase pengumpulan data dan analisa, yaitu :

- Pertama, Menentukan kelompok pemakai dan bidang-bidang aplikasinya
   Menentukan aplikasi utama dan kelompok pengguna yang akan menggunakan basis data. Individu utama pada tiap-tiap kelompok pemakai dan bidang aplikasi yang telah dipilih merupakan peserta utama pada langkah-langkah berikutnya dari pengumpulan dan spesifikasi data

- Kedua, Peninjauan dokumentasi yang ada
   Dokumen yang ada berhubungan dengan aplikasi-aplikasi dipelajari dan dianalisa. Dokumen-dokumen lainnya (seperti : kebijakan-kebijakan, form, report, dan bagan organisasi) diuji dan ditinjau kembali untuk menguji apakah dokumen-dokumen tersebut berpengaruh terhadap kumpulan data dan proses spesifikasi.

- Ketiga, Analisa lingkungan operasi dan pemrosesan data
   Informasi yang sekarang dan yang akan datang diperinci dan dipelajari. Termasuk juga analisa jenis-jenis transaksi dan frekuensi-frekuensi transaksinya dan juga arus informasi dalam sistem. Informasi tersebut berupa input-output data.

- Terakhir, Daftar pertanyaan dan wawancara
   Jawaban pertanyaan – pertanyaan yang telah dikumpulkan dari para pemakai basis data yang berpotensi. Ketua kelompok (individu utama) dapat diwawancarai sehingga input yang banyak dapat diterima dari mereka dengan memperhatikan informasi yang berharga dan mengadakan  prioritas.

Petunjuk pemilihan Database / Basis Data
    Didalam pemilihan perancangan basis data/database secara fisik, terdapat beberapa petunjuk yaitu salah satunya dikenal sebagai Transaction throughput, yang mana Transaction throughput adalah rata-rata jumlah transaksi yang dapat diproses per menit oleh sistem basis data dan merupakan parameter kritis dari sistem transaksi (misal : digunakan pada pemesanan tempat di pesawat, bank, dll). Hasil dari fase ini adalah penentuan awal dari struktur penyimpanan dan jalur akses untuk file-file basis data.

0 komentar:

Posting Komentar